Gimana Menjadi Mahasiswa Baru

Sumber:Google Images

Disini saya akan membagikan sedikit informasi bagaimana sih menjadi mahasiswa baru. Penting gak penting artikel ini sih tergantung kamu yang akan membacanya :v tapi ini khusus bagi kamu yang merasa takut, canggung atau bahkan gak tau harus bagaimana nantinya saat menjadi orang baru dilingkungan besar seperti kampus. ini hanya sekedar informasi bagaimana cara untuk penyesuaian diri agar tidak terlalu mencolok dan gak dibilang kuper.
oke, langsung saja ini adalah pertanyaan yang sering muncul dari dalam diri kita saat tau besok adalah hari pertama go to kampus (bahasa anak sekarang) seperti : 
  • Gimana penampilan 
  • Sampai disana mau kemana dulu
  • Gimana caranya mencari teman biar gak  bengong sendiri :v

    Sumber:Google Images

Itu hanya beberapa saja dan sebenarnya masih banyak lagi sih, tapi inti dari sekian banyak pertanyaan yang ada adalah "Penyesuaian" pada lingkungan baru. Karna apa ? penyesuaian merupakan faktor penting tentang bagaimana kedepannya kita bisa dengan nyaman menikmati kegiatan apa saja saat sudah mulai perkuliahan, seperti ikut organisasi, mencari teman, atau bahkan untuk bisa dekat sama dosen. Nah ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui cekidot !
  1. Cara berpakaian
Bagi kamu yang bingung mau pakai pakaian apa ini sih gak usah khawatir. Kalau menurut saya pbribadi sih agar tidak terlalu mencolok tapi yang pasti ingat dulu kita kesananya mau apa kalau masih dalam kegiatan orientasi atau masih tahap pengenalan ya harus sesuai dengan apa yang disuruh atau di perintahkan oleh panitia atau pihak kampusnya. kalau sudah masuk hari-hari biasa untuk kuliah pakaian yang tepat adalah pakaian yang menurut kamu nyaman aja sesuaikan dengan diri kamu bagaimana, pakai kemeja sama jeans aja udah kaya mahasiswa banget tanpa kehilangan konsep jadul karna memang dari sono nya mahasiswa pakaiannya memang harus itu dan ingat pakai yang sesuai dengan ukuran badan kamu agar terhindar dari penyimpangan alayers-alayers :v. Jika cewek yang pake hijab tidak akan mengurangi kecantikan kamu kok di kampus jika memang itu yang bikin kamu nyaman. Disini kita lihat dari sudut pandang umum orang akan lebih senang melihat kamu nyaman dengan penampilan kamu. Gak ribet2 amat kok cukup tampil dengan diri kamu apa adanya pakai pakaian yang bikin nyaman kenapa saya tekankan begitu, jika kamu gak nyaman dan maksain pakaian yang kekinian walau harus menderita buat jalan aja susah, atau mau gerak juga terbatas apa gak keliatan konyol mau jalan aja harus liat-liat mau langkah kemana biar sesuai :v yang ada orang-orang liat bakalan ketawa.
Sumber:Google Images


      2. Mau ngapain jika sudah sampai dilokasi
Poin ini juga penting nih, pasti gak mau kan sampe disana (kampus) hari pertama kamu gak tau kelas, ruangan yang akan kamu datangi yaaaaa bengong dulu deh :v dan tanya sini tanya sono, iya kalo berani buat nanya kalau nggak gmna ?. nah ini dia cara untuk menghindari kejadian tersebut saran saya sih, sehari atau malam sebelum pergi tanya dulu sama temen atau pergi ke kampus ajak temen kos an (bilang aja jalan-jalan biar di mau) buat liat daftar atau pengumumannya. Sip kan ? sekarang kalau udah sampai disana mau ngapain hayo ? apa yang kamu lakukan agar berbaur. Dalam islam kan di ajarkan buat selalu tersenyum, tapi jangan kebangetan ya tar orang bakalan pikiran macem-macem jagan malu buat senyum untuk setiap berpapasan dengan orang baru kesannya bakalan kamu dikira orang yang ramah. dan khusus untuk senior senyum gak bakalan mempan karna pengalaman pribadi saya senyumin senior bukannya di tanggap baik malah dimarahi jadi hati-hati kalo ketemu senior :v senior lebih suka disapa "bang" /  "kak" baru deh diiringi senyuman manis kita. Kalau tips ini kamu lakuin tinggal tunggu waktu aja bakalan ada yang akan mengajak kamu ngobrol atau bicara dengan alasan nanya-nanya tau hal modus lainnya :v. bukan hal negatif kok untuk menanggapi mereka jadi jangan takut. itu karena kesan yang kamu berikan saat pertama bertemu karena senyuman manis kamu (ciie yg cowok jijik). ini buat semua kok, cowok dengan senyum cool dan cewek dengan senyum manis :v jadi jangan khawatir untuk menggunakan tips ini.
sumber :Google Images
       3. Mencari teman
Ini buat kamu yang bingung buat mencari teman baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat baru bertemu seseorang yang baru kita kenal entah itu mau dijadikan teman atau sekedar kawan ngobrol saja tapi jangan sampai salah langkah karena ini banyak sedikitnya akan mempengaruhi bagaiman kamu nantinya menjadi seorang mahasiswa. seperti entah nanti mau ikut organisasi dan mencalon entah jadi apanya. semakin banyak kenalan kita semakin besar peluang agar terpilih ya nggak atau untuk dijadikan tempat bertanya hal yang tidak kita tahu seputar kampus tempat kita dan dari sini juga bisa menemukan seseorang yang satu hobi atau bahkan teman seperjuangan apalagi sama-sama anak rantau jadi jangan tutup kemungkinan untuk menambahkan teman sebanyak mungkin? so, mulai lah menjadi seorang yang disenangi dan asik buat ngobrol agar menimbulkan pandangan positif buat kita. Bagaimana caranya ? ini saya mempunyai beberapa saran yang mungkin bisa kamu gunakan dan terapkan
  • Jangan malu atau gengsi untuk menjadi yang pertama menyapa karena dizaman sekarang ini banyak yang gengsi buat menyapa duluan dan saling sinis melihat ada orang baru apalagi buat kamu-kamu yang merasa derajatnya lebih tinggi, hah ! itu hal yang gak baik lo bro sis, toh kita dimata tuhan bukan dinilai dari sana. Percayalah orang yang seperti itu bakalan susah mendapat teman kalau ada itupun mereka-mereka yang mempunyau sifat yang sama. dan pasti kalian menilai orang yang seperti itu susah buat di dekati. Maka dari itu jangan takut untuk duluan menyapa atau hanya sekedar tersenyum karena itu adalah awal dari percakapan terjadi.
  • Berbicara seperlunya saja, gunakan konsep tanya jawab dan iringi dengan sedikit gurauan. jika kamu yang mulai duluan tanyakan saja hal yang umum seperti "nama kamu siapa?", "Asal darimana?" dan banyak masih banyak lagi yang bisa dibahas bersama dan pastinya mengenai hal-hal baru tentang teman baru tersebut. Ingat disini konsep nya tanya jawab jika beberapa pertanyaan sudah kamu layangkan dan "hanya" sekedar dijawab tanpa ditanya nanya balik jangan berpikiran negatif dulu mungkin memang dasarnya orang itu jutek. dari sini kamu akan di tes kemampuannya untuk berteman. jika hal tersebut terjadi maka hal yang harus kamu lakukan adalah mengalihkan pertanyaan tentang dirinya ke pertanyaan lain seperti lingkungan baru yang ada disekitarmu dan jika masih "hanya"dijawab sinis berikan sedikit canda tentang apa yang kamu lihat disekitar apa saja deh pokoknya berbau humor dan setelah susana sedikit mencair maka segera keluar dari percakapan yang horor tersebut dengan alasan akan mengerjakan sesuatu karena itu bakalan menguras tenaga dan pikiran kamu jika terlalu lama berbicara dengan orang seperti itu. Tapi kamu jangan khawatir dengan cara seperti di atas maka dia akan tetap menganggap kamu orang yang asik dan bisa di ajak bicara. Mungkin pertama dia hanya bersikap seperti itu tapi lebih dari 75% pada pertemuan kedua dia akan berubah.
  • Jangan terlalu menyombongkan diri saat berbicara dengan teman baru. Mengapa begitu ? dengan berbicara yang agak berlebihan tentang diri kita akan membuat teman baru kita kagum dan tertarik untuk mengenal kita lebih jauh dan masalah nya adalah "apakah kita bisa membuktikan apa yang telah kita somongkan tadi ?" jika jawaban nya tidak maka teman baru tersebut akan kecewa dan tidak akan mau lagi dekat atau bahkan percaya sama kita. Maka dari itu cukup ceritakan hal yang benar-benar terjadi dan pernah kita alami. Kalau perlu tidak harus membicarakan apa keahlian kita karena suatu saat seiring dengan berjalannya waktu mereka akan melihat sendiri dan tidakkah lebih baik mereka kagum tanpa harus diyakinkan dengan kata-kata karena melihat sendiri ?. Kesannya akan menjadi lebih keren daripada hanya sekedar kata-kata.
Dengan menerapkan beberapa saran di atas maka akan mempermudah kamu untuk mencari teman baru saat menjadi mahasiswa baru. Sadar atau tidak teman akan sangat mempengaruhi perkuliahan kita nantinya jadi perbanyak lah teman dan jangan takut untuk bergaul dengan orang-orang baru di kampus kamu .Dari tulisan di atas maka dapat disimpulkan intinya adalah buatlah dirimu nyaman dan aman saat menjadi seorang mahasiswa agar perkuliahan yang akan kamu lakukan menjadi aman dan kamu juga nyaman. Ingat ini hanya saran bagaimana kamu berbaur dan menjadi seorang mahasiswa baru tanpa mengesampingkan tujuan utama yaitu "KULIAH" saran-saran yang diatas hanya dijadikan sarana agar mempermudah kamu untuk menjalankan tujuan utama tadi.
Sumber:Google Images

Sekian dulu yang bisa saya tuliskan, semoga bermanfaat untuk kamu-kamu yang akan menjadi mahasiswa baru. Jujur ini adalah tulisan pertama saya sebagai seorang blogger jika ada kesalahan mohon dimaklumi dan jangan lupa meninggalkan komentarnya :D

4 Responses to "Gimana Menjadi Mahasiswa Baru"

  1. mantap artikelnya gan,,
    kunjungan dari softkini.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. Jai keingat pas waktu saya masih maba dulu :D

    BalasHapus